Home » » Apa Saja Tugas dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN)?

Apa Saja Tugas dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN)?

RADARKAMPUS.COM, Semarang - Apa Saja Tugas dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN)? Sebagai wujud pengamalan Tri Darma Perguruan Tinggi, mahasiswa selain mengejar berbagai prestasi akademis maupun non akademis, memperbanyak pengalaman dalam berbagai organisasi. Mahasiswa juga harus dituntut untuk melakukan pengabdian masyarakat. Setiap mahasiswa umumnya pasti akan melakukan pengabdian masyarakat berupa Kuliah Kerja Nyata (KKN).

KKN
KKN...sumber diakses via ugm.ac.id


Pelaksanaan KKN yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa yang sudah memasuki tingkat tiga atau berada diatas semester VI. Kegiatan KKN biasanya berdurasi satu hingga dua bulan yang ditempatkan di suatu daerah setingkat perkampungan atau desa. Selama KKN, mahasiswa dituntut untuk mampu mengimplementasikan setiap ilmu yang sudah dipelajari semasa kuliah melalui program-program pada masyarakat.

Biasanya, selama KKN, Universitas akan membagi mahasiswa menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari berbagai jurusan dan fakultas yang berbeda. Kemudian, nantinya masing-masing kelompok tersebut akan ditempatkan di lokasi yang berbeda.

Penerapan program akan dilaksanakan biasanya dan umumnya disesuaikan pada keadaan, kondisi, dan kebutuhan dari masyarakat setempat. Beberapa tema KKN, antara lain, pendidikan, pariwisata, sumber daya alam, optimalisasi ekonomi, hingga peduli bencana. Untuk mesukseskan setiap program yang dirancang, mahasiswa KKN hendaknya harus mampu menyesuaikan diri dengan masyarakat.

Selama menjalani kegiatan KKN setiap mahasiswa harus kompak. Mahasiswa diharuskan mampu mandiri dan mampu menghadapi setiap keterbatasan yang ada di lokasi KKN. Tidak jarang, biasanya mahasiswa akan mengalami home sick yang benar-benar menyiksa. Namun, mereka harus terus mampu menyelesaikan implementasi Tri Darma Perguruan Tinggi tersebut.


Di balik segala masalah yang dihadapi di desa, kegiatan KKN akan memberikan kenangan tersendiri bagi mahasiswa. Apalagi jika saat KKN berakhir masyarakat setempat merasa kehilangan, itu menandakan bahwa kehadiranmu di sana memberi kesan dan sukses.


Search this Site